Sedikit Sejarah Mengenai Universitas Tanjungpura dan Beasiswanya

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Universitas Tanjungpura merupakan universitas pertama di Kalimantan Barat yang berlokasi di Ibu Kota, yaitu Pontianak. Saat pertama kali berdiri pada tanggal 20 Mei 1959, Untan berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional. Awalnya Untan bernama Universitas Daya Nasional, sebuah universitas swasta yang digagas oleh para pemuka masyarakat dan politikus di Kalimantan Barat.

Seiring perkembangan, di tahun 1963 Universitas Daya Nasional berubah nama menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan keputusan Menteri saat itu. Dua tahun kemudian, Universitas ini kembali berubah nama menjadi Universitas Dwikora. Hingga akhirnya Universitas Dwikora berubah menjadi Universitas Tanjungpura berdasarkan keputusan Menteri di tahun 1967.

Universitas Pertama Di Kalimantan Barat

Pilihan Beasiswa di Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura telah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mengapresiasi mahasiswa berprestasinya dalam bentuk pemberian beasiswa. Setidaknya saat ini ada sebanyak 29 beasiswa yang tersedia. Adapun beasiswa tersebut adalah sebagai berikut.
1. Beasiswa yang khusus diberikan kepada putra putri Papua dan Papua Barat, yaitu Beasiswa Adik Papua dan Papua Barat. Sumber dana beasiswa ini berasal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau yang biasa dikenal dengan DIKTI.
2. Beasiswa yang khusus diberikan pada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, yaitu Beasiswa Bank BRI. Tentu saja dari namanya kita sudah bisa tahu bahwa sumber dana dari beasiswa yang satu ini berasal dari PT. BRI Tbk.
3. Beasiswa yang khusus diberikan pada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, yaitu Beasiswa Bank Indonesia. Sumber dana dari beasiswa ini berasal dari Bank Indonesia secara langsung.
4. Beasiswa yang khusus diberikan pada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, yaitu Beasiswa Bank Kalbar. Sumber dana dari beasiswa ini berasal dari Bank Kalimantan Barat.
5. Beasiswa yang khusus diberikan untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, yaitu Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa atau yang biasa disingkat dengan BBM. Sumber dana dari beasiswa yang satu ini berasal dari DEPDIKNAS DIPA Universitas Tanjungpura.

6. Beasiswa yang khusus diberikan pada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, yaitu Beasiswa Bantuan Khusus Mahasiswa. Sumber dana dari beasiswa ini berasal dari DEPDIKNAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *