Fakultas dan Program Studi di Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura hingga hari ini berhasil mencetak 66.008 orang alumni, sedangkan mahasiswa yang aktif per 2020 berjumlah sekitar 31.509 orang. Untan sejauh ini juga memiliki dosen sebanyak 1011 orang dengan penelitian yang dihasilkan sekitar 33.110. Adapun untuk jumlah fakultas, Untan memiliki 9 fakultas dengan 95 program studi. Penjabarannya adalah sebagai berikut.

Universitas Tanjungpura Universitas Pertama Di Kalimantan Barat

Pertama, untuk Program Diploma terdiri dari:
1. Fakultas Pertanian dengan program studi, yaitu Budidaya Tanaman Perkebunan.
2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dengan program studi Administrasi Perkantoran, Pekerjaan Sosial, dan Kearsipan Kesekretariatan.
3. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi Perpustakaan.

Kedua, untuk Program Sarjana terdiri dari:
1. Fakultas Hukum dengan program studi Ilmu Hukum.
2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan program studi Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, dan Ekonomi Islam.
3. Fakultas Pertanian dengan program studi Agribisnis, Agronmi, Agroteknologi, Majamen Sumberdaya Perairan, Ilmu Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, dan Ilmu Tanah.
4. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dengan program studi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hubungan Internasional, Antropologi Sosial, Sosiologi, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Sosiatri.
5. Fakultas Teknik dengan program studi Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, Teknik Kelautan, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, dan Teknik Pertambangan.
6. Fakultas Kehutanan dengan program studi Kehutanan.
7. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, PAUD, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidian Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Pendidikan IPS.
8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan program studi Biologi, Fisika, Geofisika, Ilmu Kelautan, Kimia, Matematika, Sistem Komputer, Statistik, dan Sistem Informasi.
9. Fakultas Kedokteran dengan program studi Pendidikan Dokter dan Ilmu Keperawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *