Kalian tentu pernah diminta untuk mengirimkan sebuah foto dengan ukuran tertentu. Sayangnya foto yang kalian miliki terlalu besar sehingga perlu dirubah. Untungnya, dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini kalian bisa mengubah ukuran foto sendiri tanpa perlu meminta bantuan ahli. Penasaran? Beginilah caranya.

Memperkecil foto dengan smartphone

Salah satu cara paling praktis adalah dengan menggunakan smartphone. Sekarang banyak aplikasi resize yang bisa kalian gunakan dengan mudah sehingga tidak perlu repot-repot memindahkan file ke komputer. Lalu, apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut contohnya.

1. Photo & Picture Resize

Aplikasi ini sudah diunduh puluhan ribu kali ini dianggap sebagai salah satu aplikasi dengan fitur yang mudah digunakan bahkan oleh kalian yang belum familiar dengan aplikasi ini. Fiturnya juga lumayan sederhana yaitu hanya untuk memperkecil foto saja.

Kalian hanya perlu memilih foto yang akan diperkecil, lalu pilih ukuran foto yang kalian inginkan. Bahkan, kalian bisa menyesuaikan ukuran foto berdasarkan panjang dan lebar gambar. Setelah itu, foto akan secara otomatis diperkecil ukurannya dalam waktu yang singkat.

2. Resize Me

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya,aplikasi ini tidak hanya mampu melakukan resize foto namun juga compress foto baik dalam format JPEG maupun PNG. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu digunakan untuk beberapa gambar sekaligus. Sangat cocok digunakan bagi kalian yang hobi mengambil foto dan ingin menyimpannya dengan mudah.

3. Photo Compress & Resize

Sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk melakukan compress dan resize gambar JPG saja. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kalian bisa menuliskan ukuran dan kualitas foto yang akan diproses secara langsung. Sangat praktis dan efisien. Dengan begitu, waktu untuk merubah foto-foto tersebut akan lebih cepat.

4. Photo Editor

Aplikasi ini sangat sesuai bagi kalian yang hobi melakukan edit foto. Sebab, aplikasi ini memiliki banyak fitur keren untuk membuat foto terlihat lebih menarik. Namun, tentu saja selain fitur-fitur tersebut aplikasi ini memiliki fitur memperkecil ukuran foto yang bisa kalian manfaatkan untuk menghemat ruang penyimpanan di perangkat kalian.

Meskipun masih ada banyak cara lain yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran foto, menggunakan aplikasi adalah salah satu cara paling mudah dan efisien. Sebab, kalian tidak perlu komputer yang berukuran lebar serta koneksi internet hanya untuk mengubah foto saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.