Tanpa disadari terkadang ada notifikasi yang mengatakan bahwa memori penyimpanan file di handphone sudah penuh. Hal ini juga bisa menganggu aktifitas handphone karena terkadang untuk menyimpan foto saja tidak bisa, lalu bagaimana cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis? Simak cara berikut ini:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Terkadang ruang yang penuh di hp adalah karena adanya banyak aplikasi yang terunduh padahal aplikasi itu tidak pernah dipakai. Apalagi aplikasi yang membutuhkan ruang yang besar, tentu saja membuat ruang penyimpanan semakin menipis. Cara mudah untuk mengatasinya tentu saja menghapus aplikasi yang dirasa tidak perlu atau tidak dipakai sama sekali.

2. Cek Data Aplikasi Chat

Ketika menggunakan aplikasi pesan, mengirim atau menerima file juga bisa menggunakan aplikasi ini. Data pesan dan file yang diterima biasanya langsung tersimpan dalam aplikasi sehingga tanpa disadari menjadikan ruang penyimpanan menyusut. Untuk mengatasi hal ini tentu saja harus sering membersihkan cache dan media penyimpanan dari aplikasi yang bersangkutan tersebut.

3. Cache Aplikasi

Cache dari aplikasi biasanya memang sangat memakan ruang penyimpanan di handphone, apalagi jika aplikasi yang terinstal di hp banyak. Tidak heran cara pertama yang biasa dilakukan untuk membuat ruang penyimpanan luas adalah memeriksa cache setiap aplikasi dan kemudian menghapusnya. Walaupun akan kembali penuh, namun menghapus cache bisa digunakan untuk sementara.

4. Aplikasi Pembersih

Banyak bisa ditemukan aplikasi pembersih dalam playstore atau appstore bahkan terkadang sudah ada aplikasi bawaan sedari pertama kali membelinya. Tentu saja aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk menghapus hal yang tidak perlu dari hp, sehingga membuat hp sedikit lega dari sampah.

Hal diatas tersebut bisa digunakan untuk mengatasi ruang penyimpana hampir habis di handphone. Apabila masih terdapat notifikasi yang sama maka tentu saja file yang sudah ada di hp harus di singkirkan terlebih dahulu. Itulah cara-cara yang bisa dipakai ketika menghadapi penyimpanan yang penuh, Bagaimana dengan handphone Anda? Sudahkah di cek ruang simpannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.