Pecinta Jam? Wajib Tahu 6 Jenis Jam Tangan Pria Ini

Baik pria maupun wanita, tak sedikit yang gemar mengenakan jam tangan. Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, di era modern seperti saat ini jam tangan juga berfungsi sebagai aksesoris tambahan penunjang penampilan. Jam tangan pria misalnya, dapat menunjukkan jati diri atau karakter si pemakai dan membuat penampilan terlihat lebih berkelas.

Jam tangan pria

6 Jenis Jam Tangan Pria

Selain itu jam tangan juga dianggap sebagai benda yang dapat meningkatkan kepercayaan diri si pemakai, sehingga tak heran kini banyak jam tangan pria yang hadir dalam berbagai jenis dan model yang menarik. Agar tak bingung memilih, simak jenis jam tangan bagi pria berikut ini!

1. Jam Tangan Pria Digital

Jam tangan digital merupakan salah satu jenis jam yang banyak dipilih karena desainnya yang terlihat simple namun berkelas. Jam ini memiliki tampilan angka yang tertera pada layar LCD jam. Namun tak hanya menunjukkan waktu saja, jam digital juga umumnya dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti stopwatch, world time, alarm, bluetooth hingga GPS.

2. Jam Tangan Pria Analog

Jenis jam tangan yang satu ini mudah ditemukan di pasaran dan dilengkapi dengan jarum jam (hour hand), menit (minute hand), detik (second hand), penunjuk waktu kedua (second time zone), dan juga angka romawi yang menunjukkan waktu. Selain itu umumnya jam analog juga dilengkapi dengan fitur kalender.

3. Jam Tangan Pria Formal

Jam tangan pria formal atau kerap disebut dengan istilah dress watch, adalah jam tangan yang umumnya hanya berwarna gold atau silver dan memiliki strap berukuran cukup besar berbahan stainless steel atau rantai. Sehingga seperti namanya, jam tangan ini sangat cocok dikenakan dalam acara-acara formal untuk menambah kesan elegan.

4. Jam Tangan Pria Kasual / Klasik

Jenis jam tangan kasual atau casual watch ini juga mudah ditemui dan banyak digunakan. Umumnya memiliki desain yang simple dan strap berbahan kulit asli ataupun imitasi, jam tangan ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur diantaranya stopwatch hingga waterproof.

5. Jam Tangan Pria Chronograph

Jam tangan kronograf rupanya sudah ada sejak dulu, tepatnya sejak tahun 1821. Pada saat itu pembuat arloji kerajaan diberi tugas oleh Raja Louis XVIII untuk membuat arloji yang dapat menghitung berapa lama waktu pacuan kuda berlangsung.

Hingga kini jam tangan ini masih memiliki banyak penggemar karena desainnya yang unik dan mewah. Kronograf sendiri rupanya merupakan kata lain dari stopwatch, dan ciri khas jam kronograf ini adalah adanya lingkaran-lingkaran kecil pada permukaan jam.

6. Jam Tangan Pria Pintar atau Smart Watch

Seperti namanya, jam tangan pintar memiliki segudang fitur canggih mulai dari kalender, pesan teks, pemutar musik, dan masih banyak lagi. Desain smart watch yang simple dan elegan membuat banyak pria melirik jenis jam tangan yang satu ini.

Tips Merawat Jam Tangan Pria Agar Awet!

Bersihkan Secara Rutin

Setiap selesai menggunakan jam tangan, luangkan waktu untuk membersihkan jam tangan Anda menggunakan kain lembut. Hal ini dimaksudkan agar debu dan kotoran yang menempel pada jam dapat hilang.

Hindari Benturan

Meskipun terlihat sepele, namun menjaga jam tangan dari benturan tentu dapat menambah usia jam tangan kesayangan Anda. Sebisa mungkin selalu berhati-hati ketika mengenakan jam tangan untuk beraktivitas.

Hindari Medan Magnet

Medan magnet yang ada di sekitar Anda seperti yang terdapat pada televisi atau gadget dapat memengaruhi ketepatan waktu jam tangan Anda. Sehingga hindari meletakkan jam tangan di dekat benda yang mengandung magnet.

Anda bisa berbelanja jam tangan pria dengan ekstra diskon hingga Rp 200 ribu hanya di Blibli.com. Terdapat banyak jam tangan dari merek ternama, mulai dari Seiko, Fossil, Casio, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *