Jerawat memang menjadi salah satu masalah wajah paling menyebalkan. Bentuknya bulat merah, menyebar di area wajah, jika dipegang terasa sakit. Sebenarnya apa penyebab jerawat? Kenapa masalah tersebut bisa muncul, terutama saat orang sudah beranjak remaja hingga dewasa? Cek informasi lengkapnya disini.

Penyebab Jerawat

Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya acne di wajah atau area tubuh lainnya. Bahkan tanpa disadari, radang tersebut bisa saja hadir dan membuat penampilan jadi tidak maksimal dan percaya diri menurun.

1. Kelebihan Produksi Sebum

Wajah setiap orang secara alami memproduksi sebum melalui kelenjar yang disebut sebasea. Ketika jumlahnya berlebih maka otomatis akan berpotensi menimbulkan acne, terutama pada area sel kulit mati di dalam pori-pori.

Bila diabaikan, maka hal tersebut akan menyebabkan radang dan jerawat bandel. Apalagi untuk Anda yang memiliki jenis pori-pori besar dan kulit berminyak akibat sebum berlebih tersebut.

2. Tersumbatnya Pori-Pori Wajah

Pori-pori merupakan rongga di seluruh permukaan wajah berfungsi untuk membuat kulit tetap bernafas dan berkembang dengan baik. Jika pori-pori tersumbat, maka dampaknya sangat banyak salah satunya adalah jerawat.

Penyebab pori tersumbat biasanya akibat pola membersihkan wajah yang tidak tepat, alhasil kotoran yang menempel tidak terangkat sempurna. Kemudian kotoran tersebut menumpuk di dalam pori-pori dan menyebabkan radang.

3. Faktor Hormonal

Ketika seseorang memasuki usia remaja dan pubertas, hormon di dalam tubuhnya berada pada kondisi tidak stabil. Hormon jenis Androgen akan menjadi perangsang bagi produksi sebum lebih banyak, alhasil pada wajah menyebabkan acne .

Begitu juga ketika seorang wanita mengalami masa tertentu, misalnya menjelang datang bulan, saat hamil, atau menjelang menopause. Dimana saat itu kondisi hormon tidak stabil dan bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

4. Makanan Dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi, akan memicu jumlah insulin lebih banyak dari kondisi normal. Kemudian insulin akan berperan membuat Androgen memproduksi minyak lebih banyak. Ujung-ujungnya, radang pada kulit terjadi akibat produksi sebum melebihi kapasitas normalnya tersebut.

5. Bakteri Tertentu

Ada sejumlah bakteri yang juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat, salah satunya adalah P. acnes. Bakteri ini biasanya bisa hidup pada bagian kelenjar sebasea, kemudian berkembang dan menyebabkan radang dan jerawat.

6. Stres

Jika seseorang sedang stres akibat berbagai hal, misalnya masalah di kantor, sekolah, atau kehidupan percintaan. Maka respon dari kondisi otak tak stabil tersebut, akan berdampak pada kinerja hormon Androgen di dalam tubuh.

Yaitu menggenjot kinerja kelenjar sebasea, untuk menghasilkan minyak lebih banyak di area kulit penyebab munculnya jerawat.

7. Merokok

Para perokok aktif maupun pasif juga sangat rentan mengalami masalah jerawat, akibat zat berbahaya yang terdapat pada produk tersebut.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan berbagai trik tergantung apa penyebab utama. Mulai dari rajin membersihkan wajah dengan cara tepat hingga mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.